30 Jul
Agenda konferensi pertemuan antara Perusahaaan batubara, agen, dan pengguna akhir (end user) industri batubara rutin diadakan setiap tahun melalui “Coal Trans Exhibition Conference” di kawasan Nusa Dua, Bali. Reswara Group juga beberapa kali berpartisipasi aktif di dalamnya sejak 2012 lalu.
Namun di tahun ini, Reswara Group yang telah eksis dalam dunia pertambangan batubara selama 1 dekade terakhir, memilih untuk menghelat pertemuan kecil sendiri. Diadakan di kawasan Nusa Dua Bali pada 7 Mei (7/5) lalu, Reswara mengundang lebih dari 150 pemangku kepentingan yang terdiri dari pengguna akhir (end user), agen pengapalan (shipping agent), agen penjualan (trader), kontraktor, hingga perwakilan Manajemen Perusahaan afiliasi di grup ABM tempat Reswara bernaung.
Acara dibuka oleh tuan rumah yang diwakili oleh Farli Humala Siregar, Sales & Marketing Manager Reswara Group. “Mewakili Manajemen, saya ucapkan selamat datang dan terima kasih sudah hadir pada malam hari ini. Acara ini sebagai apresiasi untuk anda atas kerjasama yang terjalin dengan sangat baik. Kami berharap untuk bisa terus bekerjasama dan mencapai kesuksesan di masa depan”, ujarnya yang disampaikan dalam bahasa Inggris di hadapan seluruh undangan pada malam itu.
Setelah itu, CEO Reswara Yovie Priadi yang bergantian tampil di panggung. Beliau menyampaikan kata sambutan untuk menyambut undangan yang telah hadir. “Kami merasa sangat terhormat dengan kehadiran bapak – ibu sekalian. Pertemuan ini sangat berarti untuk Reswara agar kita dapat lebih saling mengenal dan bersinergi dengan lebih baik. Kami berharap kita dapat terus bekerja sama, agar kita dapat bersamamencapai kesuksesan dan tumbuh terus menerusdan sukses di masa depan”, urainya yang dilanjutkan dengan memerkenalkan satu persatu jajaran Direksi dan Komisaris Reswara Group di depan panggung.
Pasca pembukaan singkat, acara dilanjutkan dengan interaksi dialog santai sembari menikmati hidangan makan malam dan hiburan tari tradisional Bali. Sebagai informasi, perhelatan customer gathering ini merupakan bagian dari strategi jemput bola Reswara ke para mitra bisnisnya. Inisiatif lain yang dijalankan oleh tim sales & marketing adalah survei indeks kepuasan pelanggan yang dikirimkan melalui surel. Melalui survei tersebut, Reswara berupaya menggali preferensi kastemer dari tiga perspektif, yaitu: kesesuaian kualitas (Conformity of quality), akurasi pengiriman (Accuracy of delivery), dan dukungan pelanggan (Support of services).
Mayoritas pelanggan menyatakan cukup puas dengan layanan yang diberikan oleh Reswara. Namun demikian, masih ada beberapa pekerjaan rumah yang memerlukan pengembangan agar Reswara semakin kompetitif di masa depan. “Secara umum, mayoritas buyer menyatakan cukup puas dengan layanan kita (Reswara). Terutama delivery yang selalu on-time. Isu minor yang kita alami salah satu contohnya adalah kesesuaian kualitas. Tapi hal ini bisa dibilang berkaitan dengan karakter tambang itu sendiri dan prosentasenya relatif kecil. Namun demikian, kita akan terus mengupayakan keseragaman kualitas semaksimal mungkin dengan beberapa metode teknik yang telah terbukti berhasil di industri ini.”, tutup Farli.